Senin, 22 Desember 2008

SISTEM INFORMASI NASIONAL

Pengertian Sistem Informasi Nasional
suatu sistem yang mengolah,mengelola,dan mempertanggungjawabkan seluruh data” yang ada didalam suatu negara” secara keseluruhan.Dimana seluruh data” tersebut seharusnya di tampung di dalam sebuah bank data yang nantinya dapat mempermudah dalam mengakses data” diseluruh penjuru negeri ini.

Menurut saya SIMNAS di Indonesia belum berjalan dengan baik. Itu dapat diliat dari berbagai macam situasi di negara ini yang belum tertata dengan baik.

Contohnya yakni :
Sistem Kependudukan di negara Indonesia belum terdata dengan baik di lihat dari data base yang ada di pemerintahan. Kemudian sistem pencatatan kependudukan di daerah-daerah masih menggunakan sistem yang masih manual.

Sebenarnya apabila sistem pencatatan kependudukan di Indonesia sudah baik, pada nantinya akan menuai hasil yang menguntungkan bagi siapa saja.
Contohnya lagi,
Sebentar lagi kita akan menyelenggarakan pesta rakyat yakni PEMILU 2009. Dimana apa bila sistem pencatatan kependudukan berjalan baik, maka data untuk mengetahui berapa jumlah penduduk yang akan mengikuti PEMILU dapat kita ketahui lebih awal.
Untuk itu pemerintah harus lebih menggiatkan jajaran instansi khususnya depatemen Komunikasi dan Informasi untuk membuat sistem yang lebih baik lagi.

Tidak ada komentar: