Senin, 22 Desember 2008

Tugas Soal UTS

Jawaban Soal-soal UTS

1. Diakhir abad ke 20 perkembangan IT sangat pesat, hal ini didorong oleh :
(B) Transformasi data menjadi informasi
Pada akhir abad ke 29 orang-orang sudah banyak yang paham dan mulai mengerti dalam penggunaan ilmu teknologi. Mereka sudah banyak menggunakan ilmu teknologi salah satunya untuk memproses data-data yang sudah ada untuk kemudian diolah menjadi sebuah informasi yang nantinya berguna bagi orang banyak.
(D) Percepatan Dalam IPTEK
Sebelum abad ke 20 datang, IPTEK sudah mulai berkembang, akan tetapi belum berkembang seperti pada saat ini. Dengan tuntutan Zaman, IPTEK diharapkan dapat melakukan percepatan dalam memberikan sebuah inovasi-inovasi baru dalam perkembangan dunia IT.
2. Open System
(D) Open system memungkinkan kolaborasi antar platform.
Dengan open system, sebuah aplikasi yang kita buka dapat kita kolaborasikan antara platform satu dengan yang lainnya.
3. Trend IT masa depan
(C) Semakin banyak aplikasi / software freeware
Dengan berkembangnya dunia IT saat ini, maka banyak pula orang mencoba untuk menciptakan sebuah aplikasi-aplikasi baru yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh orang –orang dengan tanpa mengeluarkan banyak biaya.
4. Freeware
(D) Freeware meningkatkan kompetisi antara vendor aplikasi.
Aplikasi –aplikasi yang sudah ada saat ini, banyak yang merupakan freeware. Dimana aplikasi-aplikasi yang ada itu dibuat oleh vendor-vendore aplikasi yang nantinya dimanfaatkan oleh user sebagai satu aplikasi freeware. Oleh karena itu, aplikasi freeware dapat meningkatkan tingkat kompetisi diantara para vendore tersebut.
5. Sertifikasi Profesi Telematika oleh LSP Telematika :
(B) Menurunnya tingkat kepercayaan pada ijazah Sarjana Komputer.
Dengan memperhatikan perkembangan pada lulusan sarjana computer, kita dapat menyimpukan bahwa yang dibutuhkan pada saat ini untuk menjadi seorang pekerja IT tidak perlu membuthkan gelar sarjana, akan tetapi sebuah skill yang nantinya dibutuhkan dalam dunia pekerjaan.
6. Hal-hal yang mendorong kematian suatu system perangkat lunak :
(B) Sistem tidak layak lagi ditingkatkan.
Sebuah system yang sudah tidak mampu untuk dikembangkan biasanya nanti akan usang dan pada akhirnya akan ditinggalkan oleh user.
7. Pembajakan Software
(D) Melarang Pembajakan secara ketat (Tanpa Toleransi).
Dengan begitu kita dapat menikmati penggunaan sebuah software tanpa ada rasa bersalah. Bagaimana dengan Harganya yang mahal???
Seharusnya pemerintah memberikan sebuah prokram kerja dengan memberikan subsidi sebesar sekian persen untuk dunia IPTEK.
8. Profesi IT masa depan.
(B) Semua orang tanpa latar belakang pendidikan IT dapat menjadi professional IT.
Sebab dengan kita memiliki sebuah keahlian saja dalam menangani sebuah program tanpa harus memiliki latar belakang pendidikan IT kita mampu bersaing dengan orang-orang yang latar belakang pendidikannya didunia IT.
9. Sarjana komputer / IT menganggur karena :
(E) Tidak siap untuk memasuki lapangan kerja IT.
Dengan begitu kompleksnya persoalan dalam dunia IT, seseorang yang tadinya lulusan IT diharapkan mampu menghadapi persoalan tersebut. Kini merasakan ketakutan yang berlebihan karena sudah banyaknya orang mampu bersaing dengannya walaupun orang lain tersebut bukan lulusan IT.
10. Kejahatan Berbasis Web
(A) Berkembang karena teknologi internet dan komunikasi data.
Dengan berkembangnya dunia internet dan cepatnya mentransfer sebuah data, tidak salah jika kejahatan dalam dunia web digunakan sebagai tempat untuk melakukan kejahatan tersebut.

Tidak ada komentar: